RUU Ciptaker Tingkatkan Investasi di Daerah

Ciptakerja.com – Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah menilai Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) akan tingkatkan ekosistem investasi di daerah. Dia mengatakan peraturan yang ada selama ini mempersulit investor melakukan eksekusi.

“Menurut saya akan terjadi peningkatan ekosistem, karena selama ini kan aturan investasi antara pusat dan daerah tumpang-tindih, berbelit, over regulated, dan itu mempersulit investor melakukan eksekusi,” kata Trubus (24/6/2020).

Menurut dia, daerah merupakan salah salah satu pihak yang akan mendapatkan keuntungan cukup besar dari kemudahan regulasi dari RUU Ciptaker. RUU ini tentu akan tingkatkan ekosistem investasi di daerah.

Karena kemudahan regulasi diprediksi akan membuat investasi di daerah meningkat tajam dan tingkatkan kesadaran masyarakat dan tentunya kesadaran pemerintah daerah untuk mengedepankan pelayanan.

Menurut Trubus, nantinya kepala daerah akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari segi administrasi pelayanan dengan menjadi lebih efisien dan terjangkau.

“Kepala daerah akan memberikan pelayanan yang baik, terutama administasi pelayanan. Menjadi lebih efisien, terjangkau,” ujar Trubus.

Selain itu, kata Trubus, kemudahan birokrasi dapat mempersingkat proses investasi. Selama ini, kata dia, buruknya birokrasi karena regulasi telah menumbuhkan ruang free ride atau calo.

Nantinya dengan RUU Ciptaker semuanya akan lebih ringkas dikarenakan sistem perizinannya menggunakan sistem berbasis online. RUU Ciptaker akan mempersempit celah ruang calo dan mempersingkat perizinan.

“Selama ini prosesnya kan panjang, RUU Cipta Kerja nanti akan lebih simgkat karena sistemnya, sistem online. Kemudian meningkatkan pelayanan di daerah untuk lebih profesional. Sistemnya kan online, lebih mudah,” tandasnya.

Selain itu, peningkatan ekosistem investasi juga akan menciptakan lapangan kerja. Itu karena industri di daerah akan berkembang.

“Nantinya lapangan pekerjaan juga luas karena investasi dengan mudah sampai ke daerah-daerah. Artinya kalau selama ini pengurusan selama ini berbelit, akan dimudahkan,” terang dia.

Menurut dia, terbukanya lapangan kerja di daerah merupakan keniscayaan ketika RUU Ciptaker diundangkan. Sebab industri yang berkembang di daerah otomatis menyerap sumber daya manusia (SDM) di sekitarnya.

Trubus juga menekankan keunggulan sistem perizinan berbasis online dalam RUU Ciptaker. Pelayanan yang mengurangi tatap muka itu mendorong transparansi dan akuntabilitas.

“Kemudian meningkatkan pelayanan di daerah untuk lebih profesional. Sistemnya kan online, lebih mudah,” ujar dia.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *