Wagub DKI: Omnibus Law Dongkrak Kebangkitan Ekonomi Nasional

Ciptakerja.com – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law Cipta Kerja) saat ini sangatlah penting untuk menjadi mendongkrak kebangkitan ekonomi nasional pasca dihantam pandemi Covid-19 (virus corona).

“RUU Omnibus Law Cipta Kerja sangatlah penting, dalam hal ini untuk menjawab berbagai masalah ekonomi nasional dan upaya peningkatan investasi dan persaingan secara internasional,” kata Riza Patria, Jumat (17/7/2020)

Selain itu, menurut Wagub DKI ini, Omnibus Law juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena RUU ini menyederhanakan regulasi dalam upaya membangun perekonomian nasional melalui UMKM.

“RUU Omnibus Law dapat mendongkrak perekonomian masyarakat terutama dalam usaha membangun UMKM. Proses regulasi yang berbelit dapat dituntaskan dengan adanya RUU Omnibus Law Cipta Kerja,” lanjut Riza Patria.

Ia menambahkan, kelompok usaha kecil atau UMKM sudah sangat dipermudah dalam membangun usaha, serta membangun usaha tersebut, melalui insentif dan pelatihan-pelatihan.

“Hal penting adalah bagaimana mengembalikan kondisi perekonomian, yakni dengan insentif dan banyaknya potongan pajak, serta adanya dorongan kemudahan membangun usaha,” tegasnya.

Dijelaskan oleh Wagub DKI ini jika sasaran utama Omnibus Law adalah reformasi regulasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam membuka peluang usaha.

Ia pun mengingatkan, meski pembahasan Omnibus Law memang sedang berlangsung. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dengan bijak, disertai dengan pembahasan dan kajian yang mendalam.

Masukan dari masyarakat sudah sangat baik diterima oleh pemerintah dan DPR. Namun demikian, para organisasi masyarakat (ormas) atau buruh harus memahami dan mencerna kepentingan buruh yang disampaikan, sehingga terjadi sinkronisasi aspirasi masyarakat.

Selain itu, pemerintah dan DPR harus mampu memberikan solusi atas adanya Tenaga Kerja Asing di Indonesia, sehingga tidak mengganggu tenaga kerja dalam negeri

“Pemerintah dan DPR harus mampu memberikan solusi atas adanya Tenaga Kerja Asing di Indonesia, sehingga tidak mengganggu tenaga kerja dalam negeri. Kepentingan tenaga kerja Indonesia haruslah menjadi prioritas dan perhatian dibandingkan tenaga kerja asing, sehingga menjadi pertumbuhan tenaga kerja yang baik bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Wagub DKI ini memastikan maksud dan tujuan Omnibus Law ini baik. Sehingga masyarakat harus memahaminya.

“Maksud dari pembentukan Omnibus Law ini adalah baik. Masyarakat harus paham dan tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang berkepentingan. Namun demikian, jika ada hal yang tidak berkenan maka perlu disampaikan dengan cara yang baik. Dalam hal ini harus didukung dengan berbagai macam kajian dan data fakta yang valid. Pemerintah dan DPR akan menerima masukan dan saran dari masyarakat, sehingga menjadikan Omnibus Law yang baik dan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara,” terang Riza Patria.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *